WIX vs WordPress

Dalam framework CMS saat ini WIX dan WordPress adalah yang paling banyak digunakan karna community mereka yang luas. Lantas apa yang membedakan keduanya, manakah yang lebih baik? Hal yang perlu diketahui bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk kebutuhan pembuatan website. Dan kita akan bahas satu persatu mengenai keunggulan WIX maupun WordPress.

Sebelum kita masuk lebih dalam, hal-hal di bawah ini yang akan menjadi pembanding dari penggunaan WIX maupun WordPress,

  1. Kemudahan Pengguna
    Kemudahan pengguna dalam menggunakan framework CMS
    WIX – Wix memberikan kemudahan bagi user pemula, termasuk dari segi tampilan yang diberikan. Tapi, fitur lanjutnya tidak familiar bagi user pemula.
    WordPress – WordPress juga mudah digunakan karena menu-menu dasar mereka yang dapat dipahami dengan mudah. Semakin menggunakan fitur lanjutan maka semakin tinggi pula tingkat kesulitannya, dan kesulitannya adalah ketika harus mendesign halaman website.
  2. Manajemen Situs
    Kegiatan melakukan tugas situs secara teratur, seperti mengupdate situs, troubleshooting, memperbaharui atau menghapus postingan lama, dll
    WIX – Menyederhanakan hal-hal yang sulit, dan tidak perlu memikirkan hal teknis. Memudahkan aktivitas duplikasi, menghapus, dan mentransfer website.
    Namun fungsi yang diberikan terbatas, seperti SEO yang disediakan memiliki kinerja yang kurang mendukung, ataupun untuk masuk dan mengetahui informasi data analytic perlu adanya upgrade Wix Premium.
    WordPress – WordPress memiliki banyak sekali opsi yang dapat dicustom, seperti URL dan lain-lain. Untuk penggunaan SEO, cukup dengan memasang plugin Yoast, atau lainnya, plugin ini meskitidak Pro Version, namun cukup menarik kinerja SEO.
  3. Performa
    WIX – Platform Hosted. Perlu membeli website builder dan hosting, dan semua bergantung pada server wix dan sistemnya berbayar berjangka.
    WordPress – WordPress dapat memilih hosting sendiri bergantung pada usernya, dan akan menentukan performa website nantinya dengan sistem pembayaran yang terjangkau.
  4. Keamanan
    WIX – Tidak diberikan akses untuk mengedit inti fungsionalitas software, dan platform ini diupdate secara otomatis.
    WordPress – Masalah keamanan pada WordPress dapat menjadi lebih kompleks, namun jika sering mengupdate WordPress version, situs, plugin, backup data, dan tema, maka website akan terlindungi dengan baik.
  5. Kemudahan Kostumisasi
    WIX – Wix menyediakan beragam opsi, tema, tool pengeditan tampilan dan layout, comment section, forum, live chat, toko online, dll.
    WordPress – WordPress memberikan kemudahan kostumisasi pada plugin dan tema.

WIX
Wix memiliki target bahwa orang awam sekalipun dapat membuat website mereka sendiri tanpa perlu memiliki skill khusus. Di bawah ini adalah rangkuman keunggulan Wix,
1. Simpel dan mudah digunakan.
2. Dirancang untuk membuat website yang atraktif, lengkap dengan visual builder yang intuitif.
3. Sistem keamanan dan performa yang canggih.
4. Menyediakan opsi kostumisasi dan integrasi layanan pihak ketiga.

WordPress
Di bawah ini adalah rangkuman keunggulan WordPress,
1. Selain menawarkan kemudahan, WordPress juga memberikan akses mengutak-atik website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan usernya.
2. Memiliki keunggulan lebih dalam hal kostumisasi.
3. Memiliki banyak opsi untuk konten.
4. User memiliki kontrol hampir penuh terhadap keamanan, performa, dan hosting situs.

Dengan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa WIX mampu memberikan kemudahan awal pada pengguna awam namun WordPress memberikan kemudahan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *