Mengukur Keberhasilan Google Ads

Saat ini banyak cara untuk meningkatkan performa dari suatu bisnis di media digital, salah satunya melalui penggunaan iklan Google Ads. Namun setiap bisnis pastinya ingin melihat suatu kemajuan dari iklan yang diusahakannya. Lalu bagaimana cara untuk melihat Ads tersebut berhasil atau tidak? Dan sejauh apa keberhasilannya?

Keberhasilan suatu periklanan dihitung dari bagaimana iklan tersebut memberikan dampak komersil pada bisnis dan usaha anda. Goal iklan dibangun dari beberapa aspek yang biasa disebut konversi. Sebelumnya ada dua jenis konversi yang penting untuk anda pahami dahulu, yaitu :
* Konversi Makro: Memberikan dampak komersil langsung. Misal melakukan transaksi.
* Konversi Mikro: Memberikan dampak non komersil namun memberikan arti pada bisnis anda. Misal: Menjadi subscriber newsletter, mendownload katalog tertentu, menghubungi Customer Service Anda, dll.

Satu hal yang perlu anda ingat dalam melakukan iklan di Google adalah bahwa pada umumnya dibutuhkan lebih dari satu kali kunjungan pada situs anda sebelum terjadi konversi. Jadi pada saat terjadi klik, belum tentu akan terjadi konversi pada saat itu juga.

Hal yang mungkin mengurangi terjadinya konversi adalah:
* Kesalahan penargetan pengunjung.
* Kinerja Situs yang kurang baik sehingga mengganggu pengalaman pengguna (user experience).
– Loading situs yang lama.
– Penempatan teks yang berantakan.
* Penawaran yang belum menarik bagi pengunjung.

Usahakan tidak mengarahkan pengunjung ke halaman homepage melalui iklan.
 Sangat disarankan membuat sebuah halaman khusus dengan topik khusus sebagai halaman tujuan iklan (halaman landas/landing page).

Untuk mengukur kesuksesan iklan, dianjurkan menggunakan platform analyics seperti Google Analytics.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *