Menentukan Iklan Google yang Tepat

Saat ini banyak bisnis usaha yang terjun ke dunia digital, dan banyak pula dari mereka yang memanfaatkan iklan google sebagai media promosi. Namun sering kali usaha iklan ini tidak memberikan respon yang baik, untuk itu perlu mengenali tujuan promosi dan fungsi dari media iklan yang tersedia.

Penggunaan Google Ads hanya perlu melakukan setting awal dan sistem akan menampilkan iklan anda dalam waktu kurang dari 30 menit. Sementara dengan strategi SEO akan membutuhkan waktu lebih lama yaitu 2 bulan – 6 bulan, dapat lebih cepat namun juga bisa lebih lama.

Google Ads mampu membuat ribuan kata kunci diincar dalam waktu bersamaan dengan halaman tertentu sebagai tempat masuk (landing page). Namun di SEO, semua halaman situs anda pada dasarnya adalah tempat masuk (landing page) bagi situs anda, pada SEO semakin banyak halaman yang relevan dan berkualitas, semakin besar calon pelanggan yang bisa anda dapatkan.

Kesimpulannya, ini sama saja dengan Selling vs Branding. Ini merupakan dasar perbedaan yang penting. SEO sebenarnya lebih berfokus pada branding jangka panjang, sementara Google Ads berfokus pada selling jangka pendek atau meraih calon pelanggan baru dengan cepat (awareness).

Google bisa membantu anda melakukan test performa situs anda, test performa ini baik di awal peluncuruan situs dimana anda perlu data untuk melihat bagaimana performa situs. Dan Google Ads bisa membantu anda untuk itu tanpa harus menunggu berbulan-bulan pengunjung masuk melalui Organik

Jika anda hanya menggunakan SEO saja, potensi rasio anda mendapatkan kunjungan adalah 1/10 (10%).

Namun melalui Google Ads (Adwords), anda berkesempatan menambah rasio tersebut. Apabila pada sebuah kata kunci yang anda tentukan tidak memiliki persaingan, maka rasio anda adalah 2/11 (18%), bahkan jika seluruh fitur Google Ads anda gunakan seperti Site Link dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika keterbatasan budget menyebabkan anda harus memilih salah satu?

Gunakan SEO bila:

  • Orientasi tidak untuk penjualan (sales) dalam jangka dekat
  • Memilih untuk tidak bergantung pada biaya bulanan sepanjang waktu
  • Pasar anda bukan sesuatu yang mudah dalam melakukan transaksi secara online, contoh: Forex
  • Produk tidak bisa atau sulit untuk dipromosikan melalui PPC, contoh: suplemen makanan, politik, mlm

Gunakan PPC bila:

  • Ingin mendapatkan respon pelanggan secara cepat
  • Perusahaan sedang berfokus pada penjualan
  • Produk baru sedang diluncurkan dan anda ingin mengadakan test pasar
  • Pesaing utama anda menggunakan PPC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *