Resmi Diumumkan, Kemampuan iOS 14 Tak Bisa Ditandingi Android 11?

Hari ini Apple mengungkapkan versi OS mobile terbarunya, iOS 14. Ini membawa banyak fitur baru, yang sebagian besar akan terasa asing bagi pengguna Android. Apakah ini pertanda iOS kembali sulit ditandingi Android 11 yang sudah memasuki versi Beta? (Baca juga: Ini yang Perlu Kita Tahu tentang Android 11 Versi Beta)

Upgrade dari sistem operasi iPhone tersebut diumumkan dalam pertemuan jutaan pengembang di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020. Apa saja pembaruan yang dilakukan Apple pada sistem operasi iPhone-nya? Berikut artikel penjelasannya untuk Anda.

Home Screen Widget

Laman GSM Arena melaporkan, Widget layar beranda sekarang menjadi “sesuatu”, misalnya. Widget juga lebih banyak data dan sekarang datang dalam berbagai ukuran. OS iOS 14 tidak akan menghilangkan layar “Today”, tapi Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan widget di layar beranda biasa.

App Library

Apple juga menambahkan interpretasinya sendiri dari barisan aplikasi. Perpustakaan Aplikasi (App Library) versi iOS 14 baru kini ditempatkan di sebelah kanan layar beranda kanan Anda dan secara otomatis mengatur aplikasi di iPhone berdasarkan kategori.

App Library juga memiliki folder dengan aplikasi yang disarankan dan yang baru ditambahkan untuk akses yang lebih mudah. Ini terlihat seperti layar yang menampung banyak folder, dan aplikasi Anda yang paling sering digunakan dari masing-masing kategori dapat diakses secara instan, dengan satu ketukan -tidak perlu membuka ‘folder’ terlebih dahulu.

Jika Anda menggabungkan App Library dengan fakta bahwa kini pengguna dapat menyembunyikan layar beranda, ini menciptakan semacam situasi laci aplikasi darurat. Akhirnya.

Picture-in-Picture

Picture-in-Picture sekarang dimasukkan ke iOS 14 untuk video dan panggilan FaceTime. Fungsi ini berfungsi seperti di Android. Putar video dalam suatu aplikasi, gunakan gerakan Home, video terus diputar di jendela PiP, yang dapat Anda pindahkan atau singkirkan ketika tidak menginginkannya lagi.

Apple juga memungkinkan Anda memindahkan video dari layar, sementara trek audio tetap berjalan -sesuatu yang tidak tersedia dalam implementasi sistem operasi Android.

Siri

Siri sekarang memiliki desain yang lebih kompak, menampilkan animasi di bagian bawah layar, dan memberi Anda kartu di bagian atas. Siri dalam iOS 14 tidak lagi memiliki UI layar penuh yang menutupi apa pun yang pengguna lakukan ketika Anda memanggilnya.

Siri juga memiliki fakta 20x lebih banyak sekarang daripada 3 tahun lalu, dan mendapatkan fungsi terjemahan yang tampak seperti klon Google Translate, lengkap dengan dukungan percakapan langsung. Ini bisa membantu pengguna yang bepergian ke negara lain lagi.

Apple Messages

Aplikasi Apple Messages sekarang menangani 40% lebih banyak pesan daripada setahun yang lalu, serta dua kali lebih banyak pesan grup. Apple Messages juga mendapat beberapa pembaruan, seperti menyematkan orang di bagian atas daftar percakapan Anda, menyebutkan dan menjawab inline di utas grup, dan gaya baru untuk memoji -termasuk masker wajah dan lebih banyak kelompok umur.

Apple Maps

iOS 14 juga mengubah Apple Maps. Fitur akan membawa solusi pemetaan baru yang disempurnakan ke Inggris, Irlandia, dan Kanada akhir tahun ini. Ini juga akan menambah arah bersepeda, lengkap dengan info ketinggian dan pilihan “menghindari tangga” untuk New York, LA, San Francisco, Beijing dan Shanghai.

Mengingat apa yang disebutkan, penggunanya di Indonesia jangan terlalu berharap muluk-muluk terhadap aplikasi ini.

Routing EV akan banyak faktor jika info untuk secara otomatis menambahkan pengisian berhenti pada rute Anda. Panduan memungkinkan Anda menemukan restoran, atraksi populer, dan menjelajahi rekomendasi dari “merek yang disegani”.

CarPlay

CarPlay akan mendorong Anda menjadikan perangkat iPhone menjadi kunci mobil. Kemampuannya dimulai dengan produksi BMW 2021 seri 5 terbaru.

Cara kerja teknologinya melalui NFC, Anda mengetuk iPhone ke pintu untuk membuka kunci, kemudian letakkan di pad pengisi daya di dalam mobil dan tekan tombol start/stop dan Anda berada di jalan.

Pengguna dapat membagikan kunci mobil melalui iMessage, termasuk dengan profil mengemudi terbatas -misal untuk remaja. Fungsi ini, selain berfungsi pada iOS 14, juga akan berjalan di iOS 13.

Klip Aplikasi

Akhirnya, App Store mendapatkan Klip Aplikasi, yang tampaknya mirip dengan Irisan Android. Ini adalah bagian kecil dari aplikasi, yang cepat dan mudah ditemukan, serta digunakan tanpa menginstal aplikasi yang sesuai.

Klip Aplikasi bekerja dengan Apple Pay dan Masuk dengan Apple juga. Ini bisa menjadi “solusi pintu” yang mudah untuk kemudian membuat Anda menginstal aplikasi lengkap -yang juga mudah dilakukan setelah Anda memiliki klip aplikasi. (Baca juga: Google Paksa Pabrikan Ponsel Dukung Pembaruan Tak Terbatas di Android 11)

Melalui upgrade iOS 14, Anda dapat menemukan Klip Aplikasi dengan memindai kode Klip Aplikasi yang dirancang Apple, atau melalui tag NFC dan kode QR, atau dengan membaginya dalam Pesan, atau dari Safari.

Pratinjau pengembang untuk iOS 14 tersedia hari ini dengan beta publik untuk diikuti bulan depan. IOS 14 yang difinalisasi akan diunggulkan di musim gugur ke iPhone 6s dan yang lebih baru.

Source