Berapa Biaya Pembuatan Web/App

Hmmmm….
Berapa banyak dari Sobat Mostar yang membaca blog ini tahu dan paham betul biaya pembuatan Website atau Aplikasi atau bahkan kebutuhan software lainnya?

Dirasa – rasa kebanyakan belum tau gambaran biaya yang sesungguhnya.
Banyak dari perencana bisnis ingin membuat website / app / bahkan sistem ERP dan sebagainya, yang datang ke software house tanpa mengetahui biaya sebenarnya untuk pembuatan itu semua. Yang membuat rencana bisnis timeline ataupun budget yang direncanakan jadi kacau.

Nahhh..
Di sini Mostar ingin membuat Sobat sekalian lebih celik mengetahui kenyataan dunia software house.

Apa sih?
Gimana sih?

Jangan pusing dulu ya Sobat, ini gampang koggg.

Kita pakai perumpamaan saja ya..

Untuk website sendiri ada bermacam – macam,

Biasa ini berupa satu halaman penuh yang diisi konten dengan satu tujuan tertentu, lebih simple karna tidak berfokus pada hal lain, hanya berfokus untuk menginfokan produk/usaha tertentu dengan ending yang diinginkan berupa CTA (Call to Action) membeli / membooking / berkonsultasi / lainnya. Biayanya ini murah, cukup sediakan domain & hosting sendiri jika dibutuhkan.

Website ini sama seperti website seharusnya, hanya saja sifatnya subscription, dengan design template yang sudah ada, jadi dari design dan fitur lainnya tidak dapat dirubah sesuka hati, dan biayanya annual seperti kontrak. Seperti menyewa ruko yang perlu dibayar pertahun + ada biaya listrik & air ya kan, yang dimana ini adalah domain & hosting.

Website ini dibuat dari 0 (nol) jadi fitur dan designnya dapat dicustom sedemikian rupa sesuai kebutuhan dan keinginan (ingat harus realistis yaaa, jangan terlalu imaginatif hihi). Untuk biayanya sendiri seperti project saja, hingga website launching, biayanya perlu dilunaskan, makanya terkesan mahal, karna di awal biayanya perlu diselesaikan. Seperti membuat toko sendiri, pastinya perlu membayar tukang dan bahan dari awal kan ya, dannnn ada biaya domain dan hosting, jangan lupakan air & listrik.

Untuk aplikasi ini biayanya lebih mahal lagi geeessss….
Kenapa sih aplikasi itu mahal?

Karna aplikasi ini gunanya membangun komunitas, dan lebih kompleks lagi dari website. Jadi wajar saja kalau biaya Aplikasi ini startnya bisa 2 – 3 kali lipat dari website seharusnya.

Satu lagi nihh untuk sistem, sistem ini lebih rumit lagi, dia memang tidak perlu cantik seperti website ataupun aplikasi, tapiiii dia perlu amat sangat pintar, itu sih perumpamaannya, makanya dia juga bisa dibilang mahal padahal wujudnya tidak cantik dan rupawan hahahaha…

 

Intinya semuanya itu butuh biaya, biayanya berapa, itu perlu dikonsultasikan dengan software house terpercaya Sobat.

Biar tidak tertipu, coba saja kontak Admin Mostar untuk #AyoKonsultasi dahulu kebutuhan dan biayanya, setelah itu #AyoGoDigital bersama Mostar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *